7 Bagian Rumah Yang Harus Kamu Perhatikan Saat Musim Hujan Tiba

Akan banyak masalah yang bisa saja muncul bila musim penghujan tiba.

Masalah yang bisa saja terjadi seperti banjir, rumah bocor, dinding rembes dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal seperti ini pasti akan membuat kita menjadi tidak nyaman.

Masalah-masalah tersebut pasti akan membayangi kita jika musim hujan sudah mulai tiba. Kita pasti menginginkan rumah tetap nyaman meskipun musim hujan.

Untuk itu kita perlu mempersiapkan persiapan yang matang untuk menyambut datangnya musim hujan.

Bagian Rumah Yang Wajib Diperhatikan Saat Musim Hujan

Berikut ini adalah 7 bagian rumah yang harus kamu perhatikan saat musim hujan tiba:

Baca Juga : Banyak Dicari, Ini Kelebihan dan Kekurangan Vinyl

1. Talang air

Kamu bisa memeriksa talang air selama musim kemarau. Talang air mungkin saja kotor karena debu atau kotoran yang menumpuk. Talang air yang kotor bisa menutup saluran air.

Hal ini bisa menghambat laju air pada talang. Oleh sebab itu segera bersihkan talang air dari tumpukan kotoran selagi musim kemarau.

Juga jangan lupa periksa talang air jika terjadi kerusakan, segera perbaiki talang air supaya penggunaan bisa maksimal saat musim hujan.

2. Genteng/Atap Rumah

(Sumber: Freepik.com)

Selain itu yang harus kita perhatikan adalah bagian genteng rumah. Cek posisi genteng, karena genteng yang berantakan dapat menjadi penyebab kebocoran di musim hujan.

Lakukan pengecekan sekalipun rumah yang kita tempati masih baru. Karena genteng bisa saja bergeser karena angin atau kenakalan hewan yang melewati atap rumah.

3. Ventilasi

Aliran udara akan cenderung dingin pada musim hujan hal ini menandakan sistem ventilasi yang baik, namun sebaliknya jika sistem ventilasi tidak baik udara akan menjadi lembab.

Suasana yang lembab akan membuat kita tidak nyaman dan dapat membantu tumbuhnya bakteri.

Kamu bisa menutup ventilasi jika curah hujan sedang tinggi dan membukanya kembali ketika musim kemarau.

Baca Juga : 5 Jenis Genteng Rumah Yang Banyak Digunakan Orang

4. Saluran Air

(Sumber: Freepik.com)

Kamu juga harus memperhatikan saluran air yang ada di rumah. Jangan lupa cek semua saluran air mulai saluran air dari atap, saluran air dari dapur, juga selokan.

Pastikan semuanya bersih dari kotoran, agar tidak menghambat aliran air apalagi saat musim hujan.

5. Dinding Rumah

(Sumber: Freepik.com)

Dinding rumah akan mudah lembab saat musim hujan, apalagi jika terjadi kebocoran dari atap rumah. Hal tersebut bisa menyebabkan tumbuhnya jamur dan bisa merusak bagian catnya.

Oleh sebab itu kita perlu memperhatikan bagian dinding rumah, supaya nantinya saat musim hujan air tidak sampai merembes ke dalam rumah.

6. Lantai Rumah

Lantai rumah juga harus diperhatikan karena banyak kasus lantai retak, lantai menggelembung, bahkan lantai meledak.

7. Instalasi Listrik

Sangat penting memperhatikan instalasi listrik sebelum musim hujan. Pastikan tidak ada kabel yang mengelupas atau rusak.

Karena kabel yang mengelupas atau rusak dapat mengakibatkan terjadinya hubungan arus pendek listrik jika terkena air dari kebocoran.

Baca Juga : Inilah Jenis- Jenis Bahan Bangunan Dan Pengertian

Itulah beberapa bagian rumah yang perlu wajib diperhatikan saat musim hujan tiba. Semoga dengan ini bisa membantu kamu semua dalam mengatasi segala masalah yang mungkin saja terjadi saat musim hujan tiba.

Jika ada bagian rumah yang akan kamu perbaiki atau renovasi sebaiknya lakukan perbaikan disaat musim kemarau.

Sekarang kamu tidak perlu ribet lagi untuk belanja material bangunan jika ingin merenovasi bangunan, loh. Karena solusinya ada di BBP Indonesia. Yuk, kunjungi websitenya sekarang juga disini!

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp