7 Bahan Bangunan Wajib untuk Membangun Rumah

Bisa memiliki rumah sendiri merupakan sebuah pencapaian yang dapat dibanggakan. Namun, seperti yang kita tahu harga rumah semakin tahun akan semakin naik. Tentu akan sulit untuk membeli rumah, tidak seperti membalikkan telapak tangan.

Maka dari itu, terdapat alternatif lain untuk memiliki rumah impian yaitu dengan cara membangun rumah sendiri. Kamu bisa dengan bebas mengatur bentuk rumah serta interior rumah yang kamu bangun menggunakan bahan bangunan pilihan kamu menyesuaikan dengan budget. 

Tetapi, dalam membangun sebuah rumah, ada 7 bahan bangunan wajib yang harus ada dan tidak boleh sampai terlewat untuk membangun rumah sendiri. Pastikan kamu memilih bahan bangunan yang berkualitas ya.

Daftar Isi

1. Batu Bata

Bahan bangunan paling dasar yang paling sering ditemukan untuk membangun sebuah rumah adalah batu bata. Batu bata digunakan sebagai pondasi untuk membuat dinding. Dibandingkan dengan batako, batu bata memiliki ketahanan yang lebih kuat.

2. Semen

Sebuah batu bata akan menempel dan menjadi sebuah dinding jika direkatkan dengan semen. Hal ini diperlukan agar dinding rumah lebih kokoh. Untuk membuat adonan semen agar menempel pada batu bata, semen dicampurkan bersama air dengan perbandingan yang tepar agar merekat dengan sempurna.

3. Kayu

Selain membentuk rumah dengan berbahan dasar batu bata, penggunaan kayu juga tak kalah populer. Selain harganya yang relatif murah, bahan bangunan kayu juga solid dan tahan lama. tak heran kalau masih banyak rumah yang terbuat dari kayu sebagai bahan bangunan. Tak heran kalau masih banyak rumah yang terbuat dari kayu sebagai bahan bangunan.

4. Pasir

Pasir merupakan salah satu bahan bangunan yang paling sering digunakan dalam sebuah konstruksi. Penggunaan pasir biasanya sebagai plester pada dinding yang dibuat dari campuran semen. Pasir yang bagus memiliki tekstur lebih kasar dan lebih tajam. Hal ini akan berpengaruh pada kekuatan rekatan pada batu bata untuk pondasi. 

5. Besi Beton

Agar rumah lebih kokoh dan kuat, diperlukan besi beton sebagai rangka konstruksi rumah. Selain berbentuk polos. besi beton memiliki berbagai macam jenis lainnya seperti ulir, H-beam, hollow, siu dan lainnya dengan ukuran mulai dari 10mm hingga 12mm. Besi beton yang bagus tidak memiliki serpihan, retakan dan gelombang.

6. Genteng

Sebuah rumah belum lengkap jika tidak ada genteng sebagai perlindungan penghuni rumah dari cuaca panas matahari dan hujan. Genteng paling umum terbuat dari tanah liat, walaupun begitu daya tahan yang dimiliki sangat kuat.

7. Paku

Dimana ada kayu, disitu pasti ada paku. Seperti yang sudah banyak diketahui, paku digunakan untuk menyambungkan atau membuat beberapa kayu menjadi satu kesatuan yang utuh sehingga kayu tersebut lebih kuat. Paku yang berkualitas tidak berkarat, tidak bengkok dan bulat. 

Bahan bangunan diatas merupakan bahan bangunan wajib pada setiap konstruksi atau dalam pembangunan rumah. Pemilihan bahan bangunan yang berkualitas tentu menjadi yang utama. Namun, tidak semua bahan bangunan berkualitas memiliki harga yang murah. 

Bahan bangunan murah dan berkualitas masih mungkin untuk kamu dapatkan. BBP Indonesia merupakan jawaban dari keluhan kamu. Melalui situs belanja online yang bepusat di Batam, BBP Indonesia menyediakan bahan bangunan murah dan berkualitas di Batam yang bisa bisa kamu beli dengan cara klik disini.