7 Bangunan Bersejarah Indonesia yang Memukau Dunia

Sebagai negara bekas jajahan tentunya Indonesia memiliki peninggalan bangunan bersejarah. Beberapa bangunan bersejarah tersebut tentunya memukau dunia. Indonesia patut bangga akan hal tersebut, karena membuat para wisatawan dunia banyak datang untuk mengunjungi Indonesia. Berikut beberapa bangunan bersejarah Indonesia yang memukau dunia.

7 Bangunan Bersejarah Indonesia yang Memukau Dunia

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu bangunan bersejarah Indonesia yang memukau dunia. Candi ini juga masuk ke 7 keajaiban dunia. Candi ini merupakan peninggalan umat Budha yang diwariskan. Candi ini dibangun pada era Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra pada tahun 825 SM, candi ini merupakan candi yang terbesar di dunia dengan tinggi 42 meter.

2. Candi Prambanan

(Sumber: Canva.com)

Baca Juga : Mengintip Arsitektur Bangunan Belanda yang Ada di Indonesia

Candi Prambanan yang merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang di bangun pada abad ke-9 Masehi. Candi ini biasa juga dikenal dengan sebutan Candi Roro Jonggrang. Candi ini telah menjadi salah satu warisan dunia dan masuk ke UNESCO. Candi ini memiliki ketinggian di mencapai 47 meter dan menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Candi ini termasuk salah satu candi termegah di Asia Tenggara, dan ini menjadi sebuah daya tarik wisatawan dari seluruh dunia untuk mengunjungi candi ini.

3. Pura Besakih

Pura Besakih telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya UNESCO sejak selamat dari erupsi Gunung Agung pada tahun 1963. Bangunan ini dibangun sejak abad ke-10 Masehi. Dan pura ini menjadi pusat kegiatan spiritual Hindu Dharma di Pulau Dewata Bali. Pura ini memiliki ketinggian yang cukup megah yaitu sekitar 915 kaki di kaki Gunung Agung.

4. Gereja Katedral

Baca Juga : Maraknya Aktivitas Jual Beli Bahan Bangunan Online Makin Menjamur

Gereja Katedral telah berdiri sejak tahun 1891 menggantikan bangunan gereja yang runtuh pada era Belanda. Gereja ini terletak bersebelahan dengan Masjid Istiqlal dan memiliki ketinggian mencapai 60 meter. Bangunan Gereja ini mengusung gaya arsitektur neo-gotik yang dibangun dengan dana sebesar 628 ribu gulden. Dibangun dengan material terbaik, yang di diarsiteki oleh Pastor Antonius ini.

5. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta yang kita kenal sekarang sebagai rumah sultan yang masih menjalankan tradisi kesultanan saat ini. Desain dari arsitektur bangunan ini sangat mengagumkan, dan disebut sebagai salah satu bangunan istana khas Jawa dengan tampilan terbaik. Di dalam kompleks keraton ini juga terdapat beberapa peninggalan dan pemberian dari bangsawan Eropa.

6. Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong ini merupakan peninggalan dari Laksamana Cheng Ho, dan saat ini tempat ini difungsikan sebagai tempat pemujaan dari peringatan di Semarang. Klenteng ini dikenal sebagai Gedung Batu karena tampilannya terlihat seperti gua besar di sebuah bukit batu. Gedung ini dibuat sendiri dari tumpukan batu alam yang digunakan untuk membendung Sungai Kaligarang di abad ke-15.

7. Lawang Sewu

Lawang sewu terletak di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Bangunan ini dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1904. Bangunan ini dirancang sesuai dengan iklim daerah setempat. Pada awalnya bangunan ini dibangun digunakan sebagai Het Hoofdkantoor van de Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) atau kantor Pusat Perusahaan Kereta api Swasta.

Itu lah 7 bangunan bersejarah Indonesia yang memukau dunia. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melihat betapa unik dan megahnya bangunan luar negeri. Karena di Indonesia kita bisa banyak menemukan bangunan bersejarah yang bisa kita kunjungi. 

Baca Juga : 6 Desain Model Plafon Rumah Kecil Sederhana, Bisa Ditiru!

Jika kamu ingin membangun rumah seperti bangunan bersejarah, kamu bisa menjadikan itu inspirasi. Kamu juga bisa membeli bahan bangunan secara online sekarang, lho. Mau tau caranya? Klik disini.

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp