7 Jenis Sayuran Yang Dimanfaatkan Akarnya

Sayuran merupakan makanan yang mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Tidak semua sayur daunnya yang dimanfaatkan, ada juga jenis sayuran yang akarnya bisa dimanfaatkan.

Berikut beberapa jenis sayuran yang dimanfaatkan akarnya.

Ubi

(Sumber: Pexels.com)

Jenis sayuran ini kaya akan serat, vitamin C, vitamin A dan juga mangan. Selain itu ubi juga mengandung antioksidan seperti betakaroten, asam klorogenik dan anthocyanin.

Jenis sayuran ini dipercaya dapat memperbaiki kadar gula darah pada penderita diabetes. Selain itu ubi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta melindungi dari gangguan kesehatan pada mata.

Baca Juga : Cara Memilih Sabun Yang Tepat Untuk Kulit Cantikmu

Jahe

(Sumber: Pexels.com)

Jahe termasuk dalam kategori rempah. Rempah satu ini kaya akan antioksidan yang memiliki segudang manfaat. Dalam sebuah studi mengatakan, mengkonsumsi jahe dapat mengurangi rasa mual di pagi hari.

Untuk para wanita rempah jahe ini sangat membantu mereka pada saat haid. Ini dikarenakan jahe dapat meredakan kram perut saat haid. Jahe juga bisa mengurangi rasa nyeri serta peradangan.

Buah Bit

(Sumber: Pexels.com)

Buah bit masuk dalam jenis sayuran akar. Buah bit dikenal paling bernutrisi diantara jenis sayuran akar lainnya. 

Buah bit memiliki kandungan serat, folat, dan mangan. Tak hanya itu, buah bit juga dapat melebarkan pembuluh darah serta berpotensi menurunkan tekanan darah dengan kandungan nitrat nya. Bit juga mampu meningkatkan performa saat berolahraga serta meningkatkan aliran darah ke otak.

Lobak

(Sumber: Pexels.com)

Lobak merupakan jenis sayuran akar yang kaya akan serat dan vitamin C. lobak juga rendah akan kalori dan karbohidrat.

Di dalam lobak juga memiliki kandungan yang bisa melindungi dari beberapa jenis jamur. Tak hanya itu, studi mengatakan bahwa lobak dapat melindungi dari masalah tukak lambung.

Wortel

(Sumber: Pexels.com)

Siapa yang tidak kenal jenis sayuran yang satu ini, sayuran yang memiliki warna cerah ini sangat menarik. Di dalam sayuran ini terdapat vitamin A dan vitamin K. 

Antioksidan pada wortel dapat menurunkan kadar kolesterol baik pada manusia dan juga binatang. Pada studi juga menemukan bahwa tingginya asupan karoten dalam wortel dapat menurunkan risiko kanker seperti kanker payudara dan prostat.

Selain itu mengkonsumsi sayuran wortel bisa melindungi penurunan kesehatan mata pada orang berusia lanjut.

Baca Juga : Ampuh! Inilah Tips Hilangkan Bau Apek Pada Kasur

Kentang

(Sumber: Pexels.com)

Kentang merupakan jenis sayuran yang lezat dan mudah untuk diolah. Kentang mengandung serat, vitamin B6, vitamin C, potassium dan juga mangan. 

Penyajian kentang cukup bervariasi, dengan hanya direbus saja kentang sudah lezat untuk dinikmati. Atau bisa digoreng dengan bumbu tambahan lainnya, namun jika digoreng bisa jadi kandungan lemak dan sodiumnya justru akan lebih tinggi ketimbang seratnya.

Bawang Putih

(Sumber: Pexels.com)

Bawang putih adalah jenis sayuran akar yang paling sering kita konsumsi. Karena setiap kita mengolah makanan bawang putih sering menjadi salah satu bahan pokoknya. 

Bawang putih mengandung banyak nutrisi seperti mangan, vitamin B6 dan juga vitamin C. Bawang putih memiliki popularitas yang cukup terkenal, karena bisa melindungi dari berbagai penyakit.

Di dalamnya mengandung allicin yang bisa membantu menyehatkan jantung dengan cara menurunkan tekanan darah serta kolesterol.

Bawang putih juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Baca Juga : Kamu Punya Hobi Berkebun? Persiapkan Peralatan ini

Itulah penjelasan dari beberapa jenis sayuran yang dimanfaatkan akarnya. Selain 7 diatas masih banyak lagi jenis sayuran yang akarnya bermanfaat. Sayuran dapat dikonsumsi dengan cara dimasak atau dimakan untuk pencuci mulut saja. 

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi kamu. 

Silahkan klik disini untuk membaca artikel lainnya.

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp