Aneka Perabot Rumah Tangga Yang Terbuat Dari Tanah Liat

Jika kamu pengguna perabot rumah tangga berbahan plastik, perabot dari tanah liat bisa menjadi pilihan kamu. Perabot dari tanah liat ini memiliki beberapa kelebihan dibanding perabot berbahan lainnya.

Baca Juga : Peralatan Rumah Tangga Tradisional Yang Masih diPakai Hingga Saat Ini

Kalau kamu tertarik memakai perabotan dari tanah liat, kamu bisa simak artikel ini ya. Karena artikel ini akan merangkum perabot rumah tangga yang terbuat dari tanah liat yang bisa kamu gunakan sehari-hari. 

Tempat Air

(Sumber: Pixabay.com)

Tempat air ada yang terbuat dari tanah liat biasanya seperti berupa guci, teko dan juga cangkir. Perabot ini dibuat dari tanah liat yang dibakar saja dan dibentuk dengan sedemikian rupa menjadi keramik. 

Air yang disimpan di wadah berbahan dasar tanah liat akan menjadi dingin karena akan meresap di tempat dan menguap ketika panas, sehingga suhu air yang tersisa akan menurun.

Pot Bunga

(Sumber: Pixabay.com)

Pada saat ini pot bunga banyak yang sudah terbuat dari plastik. Namun, masih ada beberapa yang bisa temukan pot bunga yang terbuat dari tanah liat. Biasanya pot yang terbuat dari tanah liat digunakan sebagai hiasan di dalam rumah maupun hiasan di luar rumah seperti di tanaman. Ukuran pot dari tanah liat ini memiliki banyak varian ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar. 

Ulekan Sambal

Ulekan sambal yang paling sering kita temui adalah ulekan yang terbuat dari kayu atau batu. Ulekan sambal dari tanah liat memang cukup jarang bisa ditemui, biasanya ini masih digunakan oleh masyarakat di pedesaan yang masih menggunakan peralatan dapur tradisional.

Kegunaan ulekan sambal itu sendiri adalah sebagai alat untuk menggerus dan menghaluskan bahan seperti cabe, kacang, tomat dan kedelai serta bahan bumbu lainnya. Ulekan ini juga tersedia dari berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhannya. Ulekan kecil digunakan untuk rumah tangga sementara warung atau rumah makan menggunakan ulekan sambal yang besar.

Celengan

(Sumber: Pixabay.com)

Di jaman sekarang sepertinya sudah cukup jarang orang akan menabung uang mereka di celengan bukan? Kebanyakan celengan sekarang juga sudah terbuat dari bahan kaleng dan plastik. Biasanya celengan digunakan sebagai tempat penyimpanan uang logam untuk mengajarkan menabung pada anak-anak kecil.

Baca Juga : Tips Hidup Hemat Seperti Orang Jepang

Celengan yang dibuat dari tanah liat biasanya dibentuk menjadi hewan, tabung atau rumah-rumahan dengan lubang kecil untuk memasukkan koin. Nah, celengan yang terbuat dari tanah liat memiliki kemudahan untuk membukanya jika sudah penuh. Cara membukanya hanya dengan menjatuhkan celengan tersebut agar pecah, kemudian kita bisa mengambil uangnya deh.

Tempat Makan

Kalian pernah makan menggunakan tempat makan yang terbuat dari tanah liat? Seperti nya jika kamu pernah pergi berjalan-jalan ke kota Yogyakarta kamu bisa menemukan banyak rumah makan yang menyediakan makannya menggunakan tempat makan yang terbuat dari tanah liat. 

Rumah makan tradisional Jawa masih cukup banyak menggunakannya seperti piring, mangkuk, loyang dan juga pot. Makanan tertentu juga bisa dimasak dengan direbus di pot an disajikan panas. Piring dari tanah liat terkadang dipakai dengan dialasi daun pisang.

Baca Juga : Banyak Dicari, Ini Kelebihan dan Kekurangan Vinyl

Perabot Rumah Tangga Dari Tanah Liat

Nah, itu dia beberapa aneka perabot rumah tangga dari tanah liat yang barangkali ingin kamu gunakan di rumah kamu. Perabot dari tanah liat tentunya memiliki keunikan sendiri, dan banyak orang yang menjadikannya sebagai hiasan.

Jika kamu ingin berbelanja kebutuhan rumah lainnya, kamu bisa kunjungi website BBP Indonesia loh! Cukup di rumah saja, kebutuhan kamu akan dikirim cepat oleh BBP Indonesia. Semua kebutuhan bahan bangunan berkualitas dan murah ada disini.

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp