Bahan Bangunan Ramah Lingkungan Terbaik untuk Membangun Rumah

Semakin pesatnya perkembangan pembangunan di dunia membuat semua orang berlomba-lomba untuk membangun sektor bisnisnya. Namun, dengan banyak nya pembangunan isu kerusakan lingkungan pun semakin banyak kita dengar. Kerusakan lingkungan serta pemanasan global semakin menarik perhatian warga dunia, termasuk di Indonesia. 

Baca Juga : 7 Bahan Bangunan Wajib Untuk Membangun Rumah

Isu ini berkaitan dengan bidang properti, seperti pembangunan-pembangunan yang semakin pesat. Sekarang banyak orang yang mulai beralih ke bahan bangunan yang ramah lingkungan. Karena sebuah konstruksi bangunan tidak hanya harus nyaman untuk penghuni, namun juga harus ramah lingkungan.

Tentunya kamu ingin membangun rumah yang ramah dengan lingkungan kan?

Maka dari itu, kali ini BBP Indonesia akan membagikan informasi mengenai bahan bangunan apa saja sih yang ramah lingkungan. Yuk simak!

Bahan Bangunan Ramah Lingkungan untuk Membangun Rumah

 

1. Berbahan Dasar Dari Tanah

Bahan bangunan yang ramah lingkungan salah satunya berbahan dasar dari tanah. Seperti tanah yang dipadatkan, dan dibuat menjadi sebuah batu untuk bangunan. Material ini biasa digunakan untuk membangun tembok atau lantai rumah dan sudah diterapkan sejak ribuan tahun lalu.

2. Kayu

(Sumber: Pexels.com)

Rumah yang berbahan dasar kayu lebih membuat suasana dalam rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman. Material kayu ini mudah untuk didapatkan serta lebih ramah lingkungan.

3. Bambu

(Sumber: Pexels.com)

Bambu adalah salah satu bahan material bangunan yang sudah digunakan sejak lama. Konstruksi rumah yang menggunakan material bambu ini memiliki daya tahan lama yang cukup baik. Bambu juga dapat digunakan untuk membangun struktur atau penyangga, dinding dan lantai.

Baca Juga : Renovasi Rumah Gak Harus Mahal, Ini Caranya

4. Serat Alami

Material serat alami ini berbahan dasar seperti, bambu, rotan, wol dan kapas. Biasanya bahan ini digunakan sebagai keperluan lantai.

5. Gabus

Gabus merupakan material isolator yang cukup baik. Papan panel yang terbuat dari bahan dasar ini memiliki harga yang relatif lebih murah di pasarnya. Sejumlah energi listrik AC juga dapat hemat dengan papan gabus di musim dingin, dan bisa mengurangi radiasi panas di musim tropis.

6. Ashcrete

Material ini merupakan material pengganti semen tradisional dengan daya rekat yang lebih kuat. Ashcrete ini merupakan inovasi material yang dibuat dari abu terbang. Abu terbang sendiri dihasilkan dari hasil pembakaran batu bara. Material ashcrete ini akan menjadi pengganti semen yang ramah lingkungan.

7. Mycelium

Mycelium merupakan material yang cukup asing kita dengan, bahan bangunan ini sejenis jamur yang bisa digunakan sebagai perekat bangunan. Mycelium ini tumbuh di sekitar bahan organik seperti batang jerami, setelah itu jamur yang sudah tumbuh dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan kita sehingga bisa menjadi batu bata yang kuat.

8. Batang Jerami

Rumah-rumah tradisional dulunya banyak menggunakan batang jerami sebagai material utama untuk bangunannya. Rumah dengan bahan bangunan batang jerami akan terlihat seperti hunian dengan tema tradisional dan ramah lingkungan.

9. Batu Alam

Batu alam merupakan material dari alam yang tahan lama. Beberapa bangunan yang dibangun ribuan tahun lalu dengan bahan dasar batu alam masih dapat kita lihat sampai saat ini. Bahkan, bangunan itu masih terlihat kokoh dan tidak banyak goresan.

10.Hempcrete

Kamu pernah dengan hempcrete? Material yang satu ini berasal dari serat tanaman hemp. Serat tanaman ini kemudian dicampur dengan kapur untuk menghasilkan sebuah material yang mirip dengan beton. Tentunya material ini ramah dengan lingkungan dibandingkan beton.

Bahan Bangunan Ramah Lingkungan Terbaik untuk Membangun Rumah

Nah, itu dia 10 bahan bangunan yang ramah akan lingkungan untuk membangun rumah. Jadi apakah kamu sudah tau bahan apa saja yang akan kamu gunakan? 

Baca Juga : Ini Dia Rahasia Bangunan Jepang Anti Gempa, Patut di Tiru!


Sekarang kamu gak perlu ribet lagi beli dan cari bahan bangunan yang ramah akan lingkungan. BBP Indonesia bisa jadi solusi nya nih. Di BBP Indonesia kamu bisa mendapatkan bahan bangunan secara online, tentunya dengan harga yang terjangkau dan pengirimannya cepat, dengan cara klik disini.

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp