Banyak Dicari, Ini Kelebihan dan Kekurangan Vinyl

Setiap orang pasti ingin memiliki tampilan rumah yang cantik. Segala carapun dilakukan, mulai dari mengikuti tren atau mencari inspirasi rumah di berbagai website termasuk pemilihan dinding bahkan hingga pemilihan karpet vinyl sebagai permukaan lantai. 

Karpet vinyl merupakan pelapis lantai yang memiliki berbagai macam motif yang cantik dengan harga yang relatif murah. Tidak heran jika karpet vinyl banyak dicari oleh orang-orang. Namun, sebelum menjadikan karpet vinyl sebagai pilihan untuk permukaan lantai, ada kelebihan dan kekurangin vinyl yang harus kamu ketahui berikut ini:

1. Tekstur yang nyaman dipijak

Kelebihan dari karpet vinyl adalah teksurnya yang halus sehingga sangat nyaman untuk dipijak oleh kaki telanjang. Hal ini dikarenakan, pada vinyl terdapat busa dibagian bawah yang fleksibel dan lentur mengikuti pergerakan kaki. Maka dari itu, tidak heran bahwa orang-orang melepas alas kaki saat mengunjungi rumah yang menggunakan karpet vinyl sebagai lantainya. 

2. Berbagai macam pilihan motif

Motif karpet vinyl memiliki berbagai macam pilihan motif maupun warna. Biasanya motif pada karpet vinyl menyerupai dari material lain seperti kayu, keramik, bebatuan dan lainnya. Namun, motif karpet vinyl yang menyerupai kayu adalah motif yang paling banyak diminati. 

3. Pemasangan Mudah dan Tahan Lama

Tidak harus diatas semen, karpet vinyl bisa kamu gunakan langsung diatas permukaan lantai keramik. Caranya juga cukup mudah, hanya cukup merekatkannya pada permukaan lantai yang sudah dibersihkan, namun pastikan permukaan lantai dalam keadaan kering ya agar menempel dengan sempurna. Walaupun hanya ditempel saja, karpet vinyl diklaim berkualitas dan memiliki ketahanan yang lama hingga 20 tahun. 

4. Resiko rusak pada benda tajam

Memiliki ketahanan yang cukup lama, bukan berarti karpet vinyl tidak memiliki resiko untuk rusak. Kekurangan dari karpet vinyl memiliki sensitivitas terhadap benda tajam, seperti memindahkan barang-barang berat atau tajam yang menyebabkan goresan pada karpet vinyl sehingga lama kelamaan akan terjadi resiko kerusakan. Kalau karpet vinyl sudah rusak, akan sulit diperbaiki dan solusi satu-satunya adalah mengganti dengan yang baru. 

5. Dapat menyebarkan VOC ke udara

Sayangnya, kekurangan dari karpet vinyl yang terbuat dari bahan PVC ini mengandung VOC yang dapat menyebar ke udara. Jika terlalu sering menghirup udara dengan kandungan VOC ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama yang sensitif terhadapnya. Namun, saat ini sudah banyak produsen yang mengurangi kandung PVC pada karpet vinyl.

Nah, sekarang kamu jadi lebih tahu kan kelebihan dan kekurangan dari karpet vinyl yang banyak banget penggunaannya dicari oleh orang-orang. Kira-kira setelah baca penjelasan diatas, apakah kamu tertarik untuk menggunakan karpet vinyl ?

Bahan bangunan berkualitas merupakan cermin dari rumah yang baik dan berkualitas juga. Bahan bangunan berkualitas dan murah bisa kamu temukan hanya dalam satu situs belanja online di Batam yaitu BBP Indonesia, lengkap dan pastinya murah. Klik disini untuk berbelanja.