Ingin Membereskan Rumah Agar Terlihat Rapi ? Yuk Intip Tips Ala Marie Kondo

Pusing dengan rumah yang selalu terlihat berantakan? Punya banyak barang hingga merasa lelah untuk selalu merapikannya? Nah, akhir pekan merupakan saat yang tepat untuk merapikan rumah, mulai dari memilah barang yang bisa dipakai dan tidak dipakai lagi. 

Dan mungkin ini saatnya kamu mencoba merapikan rumah ala Marie Kondo. Ia merupakan pendiri Konmari.co yang juga host serial Netflix Tidying Up With Marie Kondo dan penulis buku terkenal berjudul “The Life-Changing Magic of Tidying Up”. Marie Kondo punya tips merapikan rumah yang mudah untuk dilakukan, dan mudah pula menemukan kembali barang-barang yang kamu perlukan.

Metode KonMari yang diciptakannya untuk menyederhanakan penataan rumah telah diterapkan jutaan orang. Bagaimana membereskan rumah ala Marie Kondo agar terlihat rapi? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

1. Letakkan barang sesuai dengan tempatnya

Biasanya yang terjadi di rumah adalah kamu menyimpan satu jenis barang ke tempat penyimpanan dengan bercampur. Misalnya, lemari baju kamu bersatu dengan lemari untuk menyimpan tas. Dalam bukunya, Marie Kondo merekomendasikan agar kamu memberikan masing-masing barang tempatnya sendiri. 

2. Singkirkan barang yang sudah tidak bikin kamu bahagia

Coba kamu lihat lemari, trus ambil satu baju dan tanya ke diri sendiri “Apakah baju ini masih bikin aku nyaman dan bahagia?. Mungkin ada beberapa baju yang sudah tidak pernah kamu pakai dan kamu tidak suka lagi. Dan barang seperti itu sudah seharusnya kamu singkirkan.

Marie Kondo mengatakan, setiap orang harus tau apa yang layak disimpan dan harus dibuang. Karena itu, kau harus membereskan mereka semua terlebih dahulu.

3. Simpan pakaian dengan tidak menumpuknya

Mungkin selama ini kita melipat dan menyimpan pakaian secara menumpuknya satu sama lain. Hal itu membuat tumpukan baju, dan ketika kamu narik baju yang ada di tumpukan bawah, tumpukan yang diatas jadi akan berantakan deh.

Salah satu cara unik yang disarankan Marie Kondo untuk menyimpan pakaian adalah dengan tidak menumpuknya ke atas melainkan menata dalam bentuk horizontal. Ini akan membantu kamu untuk melihat apa yang ada di dalamnya sekilas dan mengambil barang yang diinginkan.

4. Beli tempat penyimpanan saat kamu sudah tahu barang apa saja yang akan kamu simpan

Tips ini akan membantu kamu dalam membeli tempat penyimpanan. Ketika kamu sudah tau barang apa saja yang akan disimpan, maka kamu akan lebih mudah untuk membeli tempat penyimpanan. Menurut Marie Kondo menyederhanakan barang-barang merupakan hal yang penting, agar semua barang tersusun dengan rapi.

5. Mengatur dapur agar mudah dibersihkan

Marie mengatakan, dapur sudah seharusnya mudah untuk dibersihkan. Ia menyarankan agar kamu meletakkan sedikit mungkin benda disekitar bak cuci. Dan menyarankan untuk tidak menaruh banyak barang atau bahan di meja dapur dan cukup simpan barang tersebut di dalam rak lemari.

6. Bawalah uang receh

Seringkali, orang menyimpan uang receh di tempat sembarangan. Menurut Marie Kondo, hal itu merupakan salah satu pemicu rumah terlihat berantakan. Dia merekomendasikan membawanya di dompet kecil untuk koin daripada menyimpannya sembarangan.

7. Ambil foto sebelum dan sesudah

Setelah membereskan rumah, kamu bisa mengambil foto perbandingan sebelum dan sesudah ruangan dibersihkan. Marie Kondo, mengatakan hal ini dapat memicu rasa pencapaian yang luar biasa.

Selama kamu merapikan rumah, sebenarnya yang paling penting bukan tentang seberapa banyak barang yang bisa kamu buang. Tapi pesan dari Marie Kondo adalah bagaimana kamu mengontrol diri kamu sendiri buat lebih rapi, disiplin dan tidak konsumtif. Yuk dicoba!

Perlengkapan rumah murah dan berkualitas masih mungkin kamu dapatkan. BBP Indonesia menjadi solusi untuk kamu dalam menata kembali rumah kamu. Melalui situs belanja online yang berpusat di Batam, BBP Indonesia menyediakan perlengkapan rumah murah dan berkualitas di Batam yang bisa kamu beli dengan cara klik disini.

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp