Ini Jenis Besi Yang Sering Ditemukan Pada Konstruksi

Dalam membangun sebuah rumah, gedung atau renovasi, membutuhkan berbagai macam besi sebagai pondasi rumah. Tidak hanya itu, pembuatan dinding dan atap juga memerlukan sebuah besi agar tetap kokoh. Namun, besi yang digunakan tentu berbeda dan memiliki fungsinya masing-masing. Apa saja jenis dan fungsi dari sebuah besi ?

1. Besi Beton

Besi yang paling sering ditemukan atau kita lihat salah satunya adalah besi beton yang memiliki bentuk panjang seperti tulang yang memiliki dua bentuk lainnya, yaitu dengan bentuk polos (plain bar) dan ulir (deformed bar). Besi beton digunakan sebagai tulang-tulang dalam sebuah bangunan. 

2. H-Beam

Seperti namanya, besi H-Beam memiliki bentuk balok menyerupai huruf H. Besi baja ini juga sering disebut dengan hot rolled dan biasanya digunakan untuk membangun konstruksi seperti gedung, jembatan dan lainnya.  

3. Siku

Memiliki bentuk siku dengan sudut 90 derajat dan memiliki pilihan ukuran ketebalan serta lebar yang berbeda-beda, besi siku tidak disarankan untuk konstruksi yang terlalu berat. Besi siku hanya digunakan untuk konstruksi besi pada tangga , rak besi dan lainnya.

4. Wiremesh 

Jika kamu sedang ingin membuat sebuah pagar, kamu bisa memasukkan wiremesh sebagai salah satu pilihan kamu karena wiremesh dikenal sebagai besi yang dapat membuat sebuah pagar. Bentuknya yang kotak-kotak juga digunakan sebagai penguat dak beton atau lantai dalam sebuah bangunan. 

5. Hollow

Besi hollow memiliki bentuk kosong ditengahnya yang terbuat dari besi baja, galvanis atau stainless. Fungsi dari besi hollow digunakan untuk pembuatan pagar, kanopi, teralis bahkan sampai pemasangan plafon karena memiliki ketahanan yang cukup kokoh. 

6. Besi Plat

Besi yang berbentuk seperti lempengan ini digunakan dalam sebuah konstruksi. Besi plat biasanya digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuatan tangga. Tidak heran bahwa tangga yang terbuat dari besi itu menggunakan besi plat. Daya tahannya terhadap korosi membuat besi plat menjadi pilihan yang baik.

Untuk membangun sebuah bangunan atau rumah ternyata gak cukup menggunakan satu jenis besi saja ya, masih banyak jenis lainnya dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jika kamu mencari salah satu besi diatas, kamu bisa juga menemukannya pada website BBP Indonesia dengan cara klik disini.