Inilah Jenis- Jenis Bahan Bangunan dan Pengertian

Bahan bangunan merupakan hal mutlak yang harus dipenuhi untuk mendirikan sebuah bangunan. Sehingga pemilihan bahan bangunan sebelum mendirikan bangunan harus jadi perhatian yang lebih. Pemilihan kualitas bahan bangunan akan mempengaruhi hasil bangunan tersebut. Untuk memilih bahan bangunan tentu kamu harus membutuhkan daftar bahan bangunan apa saja sih yang dibutuhkan untuk perencanaan proyek pembangunan bangunan.

Baca Juga : 7 Model Tangga Rumah Minimalis yang Unik

 

Pengertian Bahan Bangunan

Bahan bangunan adalah bahan atau material yang digunakan dalam pembangunan konstruksi bangunan. Bahan bangunan juga dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bahan bangunan alami dan buatan. Yuk simak 7 jenis bahan bangunan serta pengertiannya:

Jenis Bahan Bangunan dan Pengertiannya

1. Batu Bata

(Sumber: Freepik.com)

Batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar sehingga memiliki warna merah yang khas. Batu bata memiliki sifat yang kuat dan kokoh, itu yang membuat banyak orang menggunakannya sebagai bahan untuk dinding bangunan. Namun, seiring berkembangnya teknologi pemakaian batu bata semakin menurun karena digantikan oleh sejenisnya yang lebih murah.

2. Semen

(Sumber: Freepik.com)

Semen merupakan bahan yang digunakan sebagai perekat, seperti batu bata maupun bahan bangunan lainnya. Semen sangatlah menjadi komponen yang penting sebagai pembuat pondasi yang diandalkan sebagai bahan bangunan dasar. Biasanya campuran semen sebagai perekat adalah pasir dan air. 

3. Beton

Beton adalah campuran yang diformulasikan berdasarkan berat unsur-unsur penyusun seperti agregat halus, agregat kasar, air, semen dan dengan atau tanpa bahan tambahan yang setelah mengeras membentuk massa padat.

Baca Juga : 8 Jenis Genteng Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

 

4. Pasir

Pasir adalah bahan yang tak kalah pentingnya pada pembangunan sebuah bangunan konstruksi. Kegunaan pasir sebagai campuran semen. Pasir memiliki beberapa jenis yaitu, pasir merah, pasir air tawar, pasir air laut. Pemilihan pasir pun harus tepat dan sesuai dengan kebutuhan sebuah bangunan.

5. Triplek

(Sumber: Freepik.com)

Triplek serupa dengan papan yang terbuat dari kayu yang direkatkan. Triplek sanggup berkedudukan murah, fleksibel, dapat didaur ulang dan triplek mudah untuk digunakan. Triplek memiliki beberapa tipe yaitu, partikel board, black board, teablock, papan serat kayu, triplek soft wood dan hardwood.

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis dengan Prinsip Zen Living

6. Besi Beton

(Sumber: Freepik.com)

Besi beton biasanya dimanfaatkan sebagai penahan konstruksi bangunan batu bata. Biasanya besi beton ini juga digunakan sebagai kerangka yang berisi pasir  dan luluhan batu kerikil dan menjadi pondasi bangunan. Beton memiliki 3 tipe yaitu, metal semen bersama tekstur sedang, logam batu ulir dan logam batu kanal.

7. Kayu

(Sumber: Pexels.com)

Kayu merupakan bahan bangunan yang digunakan sebagai bahan konstruksi dan perkakas rumah tangga. Selain baja kayu juga dapat digunakan sebagai kerangka bangunan karena sifatnya yang kokoh dan sulit untuk dibengkokkan.

Baca Juga : Elemen Desain Rumah Jepang: Sederhana dan Alami

 

Inilah Jenis- Jenis Bahan Bangunan dan Pengertian

Itulah 7 jenis bahan bangunan serta pengertiannya, sekarang kamu sudah tahu kan pengertian dari bahan bangunan di atas? Selain menyiapkan bahan bangunan untuk mendirikan bangunan impian kamu, kamu juga harus mengetahui pengertian dari bahan tersebut, dengan begitu akan lebih mudah untuk menyesuaikan sesuai kebutuhan konstruksi bangunan.

Pilihlah jenis bahan bangunan sesuai kebutuhan dan konsep rumah kamu yaa. Dan temukan banyak informasi lainnya seputar bahan bangunan di blog BBP Indonesia. Dapatkan bahan bangunan berkualitas dengan harga terjangkau dengan klik disini.

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp