Jangan Buang Limbah Detergen Sembarangan, Ini Dampaknya

Detergen memang sangat membantu untuk kehidupan sehari-hari sebagai pembersih. Tidak bisa dipungkiri banyak sekali orang yang menggunakannya.

Selain detergen baju, jenis sabun lainnya juga menghasilkan busa yang cukup sama banyaknya dengan deterjen baju. Itu juga bisa menyebabkan bertambahnya pemicu pencemaran lingkungan.

Jika kita mencuci tanpa menggunakan detergen pastinya hasil cucian tidak akan bersih dan wangi.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Tetapi detergen ini bagaikan buah simalakama karena di satu sisi membantu dan di sisi lain limbahnya sangat berbahaya untuk kesehatan dan lingkungan.

Apalagi limbah sisa dari mencuci pada umumnya akan langsung dibuang ke selokan dan bermuara di sungai dan kemudian mengalir ke laut tanpa diolah. Dan mengakibatkan pencemaran lingkungan yang tidak bisa kita hindari.

Kandungan Dalam Deterjen

Detergen banyak mengandung bahan yang berbahaya, sehingga jika penggunaan dalam jumlah yang banyak limbahnya bisa dikategorikan limbah yang berbahaya.

Dalam 48 gr detergen dalam 8 liter air paling tidak mengandung 9 bahan aktif berbahaya. Bisa dibayangkan jika semakin banyak detergen yang digunakan pastinya limbah yang dihasilkan akan lebih banyak dan semakin berbahaya.

Hanya 50 % senyawa aktif surfactant las dalam limbah deterjen yang bisa terurai selama 90 hari, sedangkan sisanya akan mengendap hingga bertahun-tahun lamanya.

Dampak Membuang Limbah Detergen Sembarangan

(Sumber: Freepik.com)

Dampak Bagi Lingkungan

Dampak membuang limbah detergen sembarangan akan menimbulkan masalah pencemaran yang dapat merusak ekosistem di dalam air.

Seperti mencemari kualitas air tanah hingga bisa menyebabkan menipisnya oksigen dalam air sehingga ikan-ikan dan organisme lain bisa mati.

Dampak paling nyata jika kita membuang limbah detergen sembarangan adalah dapat memicu eutrofikasi pada perairan sungai atau rawa. Sehingga dapat menghambat oksigen dan sinar matahari untuk biota air.

Itulah sebabnya, peran kita sangat penting untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan kita. Sebagai makhluk hidup kita perlu saling mengingatkan untuk kita tetap sama-sama menjaga bumi kita tercinta.

Baca Juga : Pakaian Kinclong Setelah Dicuci, Ini 5 Manfaat Cuka

Dampak Bagi Kesehatan

Dalam jangka panjang air tanah yang terkontaminasi dengan limbah deterjen bisa menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

Oleh karena itu sebaiknya sebelum limbah detergen dibuang ke sungai alangkah baiknya jika limbah deterjen tersebut diolah terlebih dahulu.

Seperti misalnya membuat instalasi penyaringan limbah deterjen yang sederhana, sehingga bisa mengurangi limbah detergen yang mengalir ke sungai.

Selain itu pilihlah detergen yang tidak mengandung fosfat atau yang kadar fosfatnya sedikit. Karena jika kadar fosfatnya sedikit bisa digunakan untuk menyiram tanaman.

Dan pilih deterjen yang sedikit busanya agar pada saat proses membilas tidak membutuhkan banyak air.

Jika kamu sedang mencari deterjen dengan busa yang sedikit, BBP Deterjen solusinya!

Baca Juga : Ingin Menjalani Pola Hidup Sehat, Ini Jenis Olahraga Untuk Kamu Pemula

Dengan itu kamu bisa membantu menjaga lingkungan dari pencemaran limbah. Agar lingkungan yang kita tempati tetap terjaga.

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp