Jenis-Jenis Bahan Bangunan yang Digunakan untuk Konstruksi Rumah

Dalam membangun rumah hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah jenis bahan bangunan yang digunakan. Konstruksi rumah yang baik pasti akan menggunakan bahan yang sesuai dengan kebutuhan. 

Ketika ingin membangun rumah, kita bisa membangunnya sendiri atau menyerahkan semua pembangunan kepada kontraktor. Hal tersebut merupakan hal yang paling mudah untuk kamu lakukan, jika kamu tidak ingin ribet untuk mengatur semuanya.

Baca Juga : 5 Tips Mendesain Rumah Tropis di Indonesia

Akan tetapi walaupun kamu telah menyerahkan semuanya kepada kontraktor, ada baiknya kamu mengetahui berbagai macam jenis bahan bangunan apa yang mereka gunakan dalam membangun rumah impian kamu tersebut. Selain itu, hal ini juga akan membantu kamu untuk mengetahui biaya yang diperlukan atau siapkan sampai rumah baru kamu selesai dibangun.

Berikut Jenis – Jenis Bahan Bangunan yang Digunakan untuk Konstruksi Rumah

1. Kaca

Bahan bangunan yang satu ini sudah cukup banyak digunakan untuk membangun rumah pada saat ini. Karena banyak bangunan yang sudah menggunakan kaca sebagai tembok untuk bangunannya. Biasanya kaca hanya digunakan sebagai bahan untuk jendela. Pada umumnya, kaca terbuat dari campuran pasir dan silika, sehingga begitu rapuh atau mudah pecah.

2. Semen

Semen merupakan bahan penunjang yang sangat diperlukan untuk menjadi perekat batu bata. Tanpa semen, bahan bangunan lainnya tidak akan bisa menyatu satu sama lainnya. Semen adalah bahan bangunan paling vital dalam pembuatan pondasi yang sangat kokoh.

3. Batu bata

Kamu pasti sudah tidak asing dengan bahan bangunan yang satu ini bukan? Bahan bangunan yang satu ini merupakan material yang digunakan sebagai bahan penyusun dinding. Batu bata merupakan jenis batu yang terbuat dari tanah liat yang dibakar hingga berwarna kemerah-merahan yang khas.

4. Metal

Metal juga salah satu bahan bangunan modern yang memiliki kualitas yang paling kuat. Umumnya bahan bangunan ini digunakan sebagai bahan kerangka sebuah konstruksi bangunan. Metal atau baja ini merupakan bahan yang fleksibel, kuat dan juga tahan lama, namun tidak anti terhadap karat.

Baca Juga : Jenis-Jenis Alat Pelindung Diri Pekerja Bangunan

5. Pipa

Bahan bangunan berikutnya adalah pipa. Pipa bukan bahan bangunan utama dalam konstruksi bangunan, namun pipa sebagai bahan pendukung yang juga tidak boleh dilupakan. Pipa memiliki peran sendiri dalam sebuah bangunan. Kegunaan pipa dalam bangunan adalah sebagai saluran yang digunakan untuk aliran air pada rumah, saluran pembuangan, maupun sebagai pelapisan kabel pada rumah.

Itulah Berbagai Jenis Bahan Bangunan yang Digunakan untuk Konstruksi Rumah yang Perlu Kamu Ketahui.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas apakah kamu sudah tau apa saja jenis bahan bangunan yang digunakan untuk konstruksi rumah kamu? Yaa walaupun kamu menyerahkan sepenuhnya kepada kontraktor, namun kamu perlu tahu bukan?

5 Jenis bahan bangunan diatas merupakan bahan pokok yang pasti selalu ada dalam sebuah konstruksi bangunan. Walaupun pada saat ini banyak fungsi yang telah digantikan oleh bahan bangunan yang yang sejenisnya. Tetapi pada umumnya bahan tersebut sering digunakan. Semua bahan bangunan diatas memiliki kelebihan dan kekurangan juga loh. Jadi kamu tetap harus sesuaikan dengan kebutuhan bangunan dan budget pembangunan rumah kamu yaa. 

Baca Juga : 7 Inspirasi Cat Rumah Minimalis Modern

Jadi kamu tidak perlu kebingungan lagi ya ketika akan membangun rumah. Jangan lupa selalu cek tips-tips dan artikel menarik lainnya di blog.bbpindonesia, ya!


Nggak hanya artikel, BBP Indonesia juga menyediakan bahan bangunan untuk material konstruksi rumah kamu. BBP Indonesia menyediakan bahan bangunan dengan harga terjangkau, berkualitas serta tercepat dalam pengirimannya, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impian kamu bersama BBP Indonesia.

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp