Kenali Jenis Material Dinding dan Finishing untuk Hunian Impian Kamu

Semua orang pasti ingin memiliki tampilan hunian yang bagus, indah dan nyaman. Salah satunya dengan menentukan bahan yang akan digunakan untuk dinding rumah.

Dinding adalah salah satu bagian dari bangunan yang wajib memiliki kekuatan kuat. Karenanya, saat membangun dinding harus memperhatikan material dalam membangunnya.

Ada beberapa material yang biasa digunakan dalam membangun dinding, dan setiap material memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dengan fungsinya.

Pada kali ini, kami akan memberikan penjelasan tentang berbagai material dan cara finishing dinding agar hunian rumah kamu bisa tampil sempurna.

Material Dinding

Yang dimaksud material dinding adalah bahan dasar yang digunakan untuk konstruksi dinding rumah kamu. Seperti ini pilihannya.

Baca Juga : Mengenal Kekurangan Dan Kelebihan Atap Fiber

Batu Bata

(Sumber: Pixabay.com)

Hampir semua rumah yang ada sekarang menggunakan material batu bata. Selain harga yang murah, batu bata juga mudah dipasang dan dibentuk.

Material jenis ini, sangat direkomendasikan untuk membangun konstruksi dinding rumah kamu. Karena material ini cukup kuat dan kokoh untuk digunakan sebagai material konstruksi dinding.

Material ini juga sudah mulai dikembangkan jenisnya seperti bata merah, batako dan bata ringan.

Kayu

(Sumber: Pixabay.com)

Material kayu sangat identik dengan rumah kuno zaman dahulu. Namun tidak selalu seperti itu, pada era modern seperti saat ini juga sudah banyak dinding rumah yang menggunakan material kayu.

Bentuknya malah lebih artistik dan unik yang bisa menambah kesan alami pada hunian anda.

Dinding dengan material kayu masih murah untuk digunakan di era sekarang. Namun ada beberapa jenis kayu yang dapat digunakan untuk itu, tidak semua jenis kayu dapat digunakan sebagai material konstruksi dinding.

Kaca

(Sumber: Pixabay.com)

Bangunan yang menggunakan material kaca sebagai dindingnya bisa tampil lebih mewah dan elegan. Namun, penggunaan kaca juga bisa mempengaruhi kesehatan bumi kita.

Dan biasanya, material ini digunakan untuk bangunan-bangunan komersil agar terkesan luas dan terbuka.

Baca Juga : Macam-Macam Palu Beserta Fungsinya

Finishing Dinding

Agar tampilan rumah bisa lebih hidup dan berwarna, tentu anda juga perlu melakukan finishing untuk setiap material dinding yang sudah anda pilih.

Berikut bahan finishing yang bisa mempercantik hunian rumah anda.

Cat

Finishing menggunakan cat paling banyak dipilih untuk memberikan warna pada dinding rumah.

Selain mudah dalam pemakaiannya, kita juga bisa bebas memilih warna apapun yang akan digunakan untuk finishing dinding.

Namun, perlu diperhatikan dalam memilih cat untuk dinding. Sesuaikan cat yang kamu pilih sesuai dengan material dinding kamu.

Wallpaper

Jika anda ingin memiliki dinding yang mempunyai aneka motif, gunakan saja wallpaper dinding sebagai bahan finishingnya.

Karena, pengaplikasiannya sangat praktis namun bisa memberikan tampilan yang dinamis.

Tapi tidak semua wallpaper dapat melekat sempurna pada permukaan dinding. Biasanya itu dikarenakan lem dari wallpaper tersebut tidak bisa melekat pada material dinding tersebut.

Keramik

Bahan finishing keramik biasanya digunakan untuk tempat yang lembab. Karena selain mudah dibersihkan, finishing dengan keramik juga bisa tahan lama.

Selain tiga bahan dasar finishing diatas, anda juga bisa berkreasi menggunakan kayu dan juga batu alam agar tampilan rumah terkesan natural dan alami.

Itulah beberapa jenis material dinding serta finishing untuk konstruksi dinding rumah kamu. Jangan sampai salah untuk memilih ya.

Baca Juga : Kenali Berbagai Jenis Gergaji Wajib Kamu Tahu!

Jangan khawatir untuk mencari material bangunan yang kamu inginkan, karena sekarang kamu bisa belanja material bangunan secara online, lho.

bbpindonesia.com telah hadir menjadi solusinya.

Yuk langsung kunjungi websitenya disini.

Semua lengkap, harga terjangkau dan tentunya berkualitas.

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp