Macam-Macam Palu Beserta Fungsinya

Palu merupakan alat untuk memukul atau memecahkan sebuah benda keras. Palu juga merupakan salah satu perkakas yang biasa digunakan di rumah tangga. Banyak macam dan jenis palu sesuai dengan fungsinya. Palu dengan fungsi untuk memukul dimaksud adalah untuk keperluan seperti memasang paku, menyatukan bagian atau memecahkan sebuah benda.

Karena untuk melakukan berbagai jenis pekerjaan, palu dibuat dengan berbagai ukuran, berat dan bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Namun, dengan berkembangnya zaman palu tidak hanya terbuat dari batu keras tapi juga terbuat dari plastik dan tembaga.

6 Macam-Macam Palu Beserta Fungsinya

Baca Juga : Yuk Mengenal Jenis-Jenis Paku Bangunan Dan Fungsinya!

1. Palu Karet

Sesuai dengan namanya yaitu palu karet, palu ini tentunya terbuat dari bahan karet. Fungsi dari palu karet ini adalah untuk meratakan bagian benda yang memiliki permukaan tidak rata. Seperti meratakan permukaan logam yang penyok. Dengan menggunakan palu karet, kerusakan tentunya akan minum terjadi karena palu ini memiliki permukaan palu yang halus.

2. Palu Kayu

(Sumber: Freepik.com)

Palu kayu sesuai juga dengan namanya palu ini memiliki kepala yang terbuat dari bahan kayu. Pemilihan jenis kayu untuk palu ini adalah kayu yang khusus yang kuat dan tentunya tidak mudah pecah. Biasanya palu kayu ini digunakan untuk proses pembuatan sebuah ukiran kayu. Dan biasanya palu ini juga digunakan seorang hakim dalam sebuah persidangan. Palu kayu ini merupakan jenis kayu yang memiliki banyak motif bentuk dan ukiran.

3. Palu Batu

Palu yang satu ini tidak sesuai dengan namanya, kepala palu ini ternyata terbuat dari bahan besi. Nah, kenapa disebut palu batu? Ternyata karena fungsi dari palu ini untuk menghancurkan batu atau bahan keras lainnya. Terbuat dari besi membuat palu ini akan kuat dan bisa menghancurkan batu dan barang keras.

4. Palu Plastik

Palu plastik ini hampir mirip dengan palu karet, kepala palu ni terbuat dari plastik. Fungsi dari palu ini juga untuk meratakan benda lunak. Palu ini memiliki daya pukul yang lemah, itu diakibatkan oleh kepala palu yang terbuat dari bahan plastik. Karenanya, akan minim kerusakan yang diakibatkan oleh palu plastik ini.

Baca Juga : Kenali Berbagai Jenis Gergaji Wajib Kamu Tahu!

5. Palu Tembaga

Palu ini memiliki fungsi yang berat, palu tembaga ini biasa digunakan untuk mesin-mesin kelistrikan. Bahan pembuat palu ini sama seperti namanya yaitu, terbuat dari bahan tembaga. Namun, bahan tembaga ini memiliki sifat yang lebih lunak dari bahan besi. Tapi dengan seiring terus-menerus dipakai palu tembaga ini akan mengeras, karena itu harus selalu dipijat agar tetap kembali lunak. 

6. Palu Pemecah Kaca

Palu pemecah kaca ini sering kita temui saat kita menaiki bus atau kendaraan umum lainnya. Biasanya palu ini berfungsi sebagai salah satu alat emergency saat terjadi sesuatu di dalam sebuah kendaraan, agar kita bisa memecahkan kaca kendaraan lebih mudah. 

Palu ini biasanya berwarna merah dan diletakkan dekat dengan jendela agar mudah untuk digunakan oleh penumpang saat terjadi kecelakaan. Bentuk dari palu pemecah kaca ini memiliki ujung yang sedikit lancip sehingga mampu memecahkan kaca dengan mudah. Dan akan lebih baik jika saat memecahkan kaca, harus dari sisi pinggiran kaca karena sisi ini yang merupakan lebih rentan untuk pecah.

Baca Juga : Inilah Jenis- Jenis Bahan Bangunan Dan Pengertian

Itulah 6 macam-macam palu beserta fungsinya, kamu bisa memilih menggunakan palu yang mana sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu sedang mencari salah satu macam palu diatas, kamu bisa mengunjungi website kita yaitu www.bbpindonesia.com . Karena disana kamu bisa mendapatkan banyak jenis palu yang kamu butuhkan. Yuk segera kunjungi website nya disini.

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp