Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Cairan merupakan salah satu elemen penting dan wajib ada dalam tubuh. Hampir sebagian besar penunjang tubuh terdiri dari cairan.

Air memiliki peran penting yang menyusun 50% – 60% komposisi tubuh kamu. Secara umum, seluruh organ tubuh memerlukan air untuk dapat berfungsi dengan baik. 

Minum air putih dalam jumlah yang banyak merupakan cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kekurangan cairan dalam tubuh.

Setelah bangun tidur, umumnya tubuh memerlukan banyak cairan untuk proses metabolisme. Sehingga minum air putih setelah bangun tidur memiliki manfaat yang cukup banyak.

Ingin tahu apa saja keuntungan Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur? Berikut manfaatnya yang bisa kalian ketahui.

(Sumber: Pexels.com)

1. Memacu Kinerja Sistem Pencernaan Tubuh

Proses pencernaan merupakan suatu sistem yang harus dijaga. Dengan mengkonsumsi air putih, gangguan sistem pencernaan bisa teratasi.

Misalkan saja, sembelit dan susah buang air besar.

Kedua hal tersebut bisa teratasi dengan cara minum air putih. Jadi, proses pencernaan akan berjalan lancar dan tanpa kendala.

2. Membantu Membersihkan Racun

Saat manusia tertidur, maka tubuh melakukan kinerja metabolisme dan proses pengeluaran racun. Oleh karena itu, tidur yang baik adalah tidur dengan waktu yang cukup (8 jam sehari).

Setelah bangun tidur, dengan minum air putih akan membantu melarutkan sisa-sisa racun yang ada dalam tubuh.

Hal tersebut biasanya disebut dengan detoksifikasi. Dimana racun yang tersisa akan dibersihkan secara menyeluruh dan dikeluarkan.

3. Berpengaruh Pada Sistem Imun

Agar tubuh tidak sering mengalami sakit, maka sistem imun harus terjaga. Cara yang bisa digunakan untuk menjaga sistem imun adalah dengan banyak minum air putih.

Berdasarkan berbagai penelitian yang dilakukan para ahli, dengan minum air putih, sistem limfatik dalam tubuh akan menjadi stabil, sehingga daya imun menjadi meningkat.

Baca Juga : Tips Pola Hidup Sehat Untuk Seorang Wanita Karir

Baca Juga : Jus Sayur Banyak Manfaatnya, Apa Saja?

Baca Juga : Manfaat Minum Segelas Teh Di Pagi Hari

4. Mencegah Infeksi dan Penyakit Berat

Infeksi yang dimaksud adalah infeksi saluran kemih. Karena umumnya ketika bangun tidur, saluran kemih akan terisi penuh.

Jadi, dengan minum air putih setelah bangun tidur, dapat mencegah terjadinya infeksi.

5. Menjaga Kesehatan Kulit 

Dengan minum air putih yang cukup dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit. Dengan kebiasaan minum air putih secara cukup setiap hari, diyakini dapat mencegah munculnya jerawat dan menjaga kelembaban kulit.

Banyak sekali manfaat air putih yang bisa diperoleh tubuh. Baik saat keadaan perut kosong maupun sudah terisi.

Minum banyak air putih juga dipercaya dapat menurunkan berat badan. Selain itu, tubuh dengan asupan cairan yang cukup akan memberikan respon berupa kulit yang sehat.

Jenis – Jenis Air Putih

(Sumber: Pexels.com)

Agar minum air putih setiap pagi hari bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu perlu mengetahui jenis-jenis air putih yang tersedia di pasaran, yaitu:

1. Air Mineral

Air mineral adalah air yang paling umum yang sering kita konsumsi setiap harinya. Air mineral merupakan air yang berasal dari pegunungan sehingga kaya akan kandungan mineral. Air mineral memiliki pH sekitar 6 – 8,5.

2. Air Demineral

Jenis air ini tidak mengandung mineral karena air ini memiliki proses penyaringan yang sudah berkali-kali. Biasanya air ini memiliki pH sekitar 5 – 7,5.

3. Air Alkali

Jenis air satu ini telah melalui proses ionisasi atau elektrolisis dan memiliki pH yang cukup tinggi sekitar 8,5 – 9,97.

Jadi ada baiknya cukupkan kebutuhan mineral tubuh kamu. Dan jangan lupa untuk pilih air mineral yang baik. Yuk, baca artikel menarik lainnya disini.

 

 

 

 

 

 

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp