Mau Bangun Rumah Tapi Gak Mau Ribet? Belanja Bahan Bangunan Online Batam Aja!

Memiliki rumah impian adalah keinginan banyak orang. Rumah impian setiap orang pastinya berbeda seperti rumah minimalis, klasik hingga modern. Membangun rumah impian tidak murah dan butuh waktu lama untuk mewujudkannya. 

Pemilihan material bangunan yang tepat merupakan hal yang penting untuk diperhatikan sebelum merancang konstruksi sebuah bangunan. Berikut jenis material bahan bangunan yang harus kamu ketahui untuk membangun rumah impian kamu!

1. Batu Bata

(Sumber : Pexel.com)

Batu bata salah satu material wajib yang digunakan untuk membangun rumah. Batu bata digunakan sebagai bahan dasar penyusun dinding. Namun pada saat ini banyak yang mulai beralih dari batu bata ke gypsum karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan batu bata.

2. Semen

(Sumber: Pexels.com)

Semen adalah material wajib juga untuk membangun rumah. Semen berfungsi sebagai bahan perekat batu bata agar bisa menciptakan dinding yang kokoh. Selain sebagai perekat dinding, semen juga sebagai perekat keramik lantai.

3. Kayu

(Sumber: Pexels.com)

Hingga saat ini kayu masih sangat diperlukan sebagai salah satu material untuk membangun rumah karena kayu masih sangat mudah untuk ditemukan. Biasanya kayu digunakan sebagai tiang penopang atau penyangga bangunan. Pilihlah kayu dengan kandungan air yang tidak lebih dari 20%, dan pastikan kayu telah melewati proses pengovenan agar tahan lama dan tidak mudah lapuk.

4. Paku

Paku digunakan sebagai alat penyambung atau perekat antara kayu dengan beton, kayu dan dengan material-material bangunan lainnya. Paku juga biasanya digunakan bersama tali sebagai alat pemandu saat pemasangan keramik.

5. Beton

Beton merupakan dari bahan campuran semen, agregat halus, agregat kasar dan air secukupnya. Penggunaan beton sebagai material bangunan sangat umum digunakan baik untuk struktur rumah tinggal, gedung bertingkat dan berbagai macam infrastruktur lainnya.

6. Pasir

Pasir merupakan material yang digunakan sebagai campuran semen. Umumnya campuran ini digunakan sebagai perekat bata ataupun pondasi. Pasir yang baik biasanya memiliki bentuk butiran yang tajam karena lebih kuat untuk campuran perekat bata atau pun pondasi.

7. Genteng

Genteng merupakan salah satu jenis penutup atap rumah yang paling umum digunakan di Indonesia. Genteng seperti penutup atap lainnya berfungsi sebagai pelindung dari panas dan hujan. 

8. Keramik

Keramik digunakan sebagai pelapis permukaan lantai. Selain itu, pemilihan keramik yang unik dan cantik dapat mempengaruhi interior serta estetika dari rumah itu sendiri. 

9. Pipa

Membangun saluran air pada rumah adalah langkah yang sangat penting. Material pipa diperlukan untuk menyalurkan air ke bagian rumah.

10. Cat

(Sumber: Pexels.com)

Material terakhir adalah cat, cat berperan sebagai finishing tampilan rumah baik interior maupun eksterior. Cat tersedia dengan berbagai pilihan warna, kamu bisa mendapatkan warna yang kamu inginkan di koleksi warna cat PFF Paint.

Semua material di atas adalah material yang harus kamu perhatikan saat ingin membangun rumah impian kamu nantinya. Material diatas merupakan satu kesatuan dalam konstruksi pembangunan. 

Sekarang kamu tidak perlu pusing dan ribet untuk mendapatkan semua material diatas. Semua material bisa kamu dapatkan secara online di Bahan Bangunan Online Batam. Kamu bisa dapatkan dengan klik disini.

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp