Mengenal Kekurangan dan Kelebihan Atap Fiber

Atap menjadi bagian dari bangunan yang memiliki fungsi sangat penting karena bisa menjaga isi bangunan tetap terlindungi dari berbagai cuaca.

Karena itu, bangunan rumah harus memiliki atap yang dapat melindungi bangunan dari hujan maupun cuaca terik matahari.

Bahan pembuatan atap sendiri sangat beragam. Ada yang terbuat dari tanah yang melalui tahap pemanasan. Ada pula yang melalui proses teknikal dan kimiawi seperti atap fiber.

Atap fiber memang sering dijumpai, terlebih lagi pada desain rumah modern. Jenis atap ini memiliki bahan baku berupa serat sintetis yang diolah sedemikian rupa.

Baca Juga : Fiberglass: Pengertian, Jenis, Dan Bentuknya

Kekurangan dari Atap Fiber

Hal mendasar yang harus diketahui adalah atap fiber terbuat dari serat sintetis sehingga permukaannya kaku. Jika terjadi keretakan atau kerusakan pada atap fiber ini akan menghabiskan banyak biaya untuk memperbaikinya.

Jika kerusakan telah parah, lebih murah untuk menggantinya daripada memperbaikinya. Karena akan ada kerumitan dalam memperbaiki atap fiber.

Selain itu, jika pemakaiannya sudah terlalu lama, maka warna pada atap fiber juga bisa luntur.

Lunturnya warna yang dimiliki atap fiber dikarenakan jenis atap ini tidak memiliki pori. Sehingga saat terkena panas dan hujan bersamaan bisa merusak warna.

Kelebihan dari Atap Fiber

Daripada kekurangannya. atap fiber lebih banyak memiliki kelebihan yang bisa bermanfaat untuk menambah fungsi bangunan tersebut.

1. Meredam Bising

Kelebihan dari penggunaan atap fiber adalah dapat meredam suara bising. Hal tersebut membuat rumah menjadi terasa nyaman dan tenang.

Meskipun warna mudah luntur, tetapi atap ini tetap bekerja secara maksimal untuk melindungi rumah.

2. Mempertahankan Suhu Ruangan

Atap fiber juga bisa mempertahankan suhu yang ada dalam rumah dalam keadaan sejuk. Meskipun cahaya bisa masuk, akan tetapi sinar matahari akan terpantulkan kembali.

Jenis atap ini cocok untuk bangunan rumah minimalis, dengan bentuk rumah yang kecil namun akan tetap memiliki suhu ruangan yang baik.

Baca Juga : Kenali 5 Jenis Bathtub Untuk Kamar Mandi

3. Mudah Dipasang dan Dirawat

Solusi terbaik untuk menggantikan atap kaca pada rumah, atap fiber memiliki kemudahan dalam pemasangan dan perawatan. Sehingga sangat cocok digunakan.

Dan membuatnya lebih mudah untuk mengganti panel yang rusak.

4. Bobot Lebih Ringan

Bila dibandingkan dengan jenis atap lain bobot yang dimiliki atap jenis ini juga tidak terlalu berat. Sehingga apapun jenis penopang yang digunakan, tetap akan cocok bila dipadukan dengan atap fiber.

5. Tidak Berkarat

Atap fiber lebih aman karena tidak akan berkarat dan tidak mudah bocor. Sehingga rumah tetap terlindungi dengan baik.

Menggunakan atap fiber sebagai pelengkap rumah merupakan cara yang tepat. Pasalnya, atap fiber mampu menambah kenyamanan dalam rumah.

Tidak perlu repot melakukan pasangan satu per satu, karena atap fiber terjual dalam bentuk lembaran yang lebar. Sehingga pemasangan bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

Baca Juga : 10 Green Building Materials Selain Beton

Itulah kelebihan dan kekurangan dari atap fiber. Jenis atap ini bisa jadi pilihan kamu yang sedang membangun rumah. Dengan banyak kelebihan yang dimiliki jenis atap ini kamu bisa memaksimal tampilan hunian kamu.

Tidak ingin ribet belanja bahan bangunan untuk membangun hunian kamu?

Sekarang kamu bisa belanja dengan mudah di BBP Indonesia. Menyediakan material bangunan lengkap, murah dan berkualitas. Kamu gak perlu khawatir, karena pengiriman juga bisa gratis ongkir sampai ke alamat kamu.

Yuk, tunggu apa lagi kunjungi websitenya dengan klik disini.

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp