Mengintip Arsitektur Bangunan Belanda yang Ada di Indonesia

Indonesia yang merupakan Negara bekas jajahan Belanda tentu memiliki banyak bangunan peninggalan Belanda. Bangunan peninggalan Belanda menghiasi setiap sudut kota di Indonesia, mulai dari bangunan pemerintahan, bank dan bahkan benteng. 

Ciri khas bangunan dengan tampilan gaya neo-klasik pada arsitekturnya membuat kamu bisa langsung mengenal bahwa gedung tersebut peninggalan Belanda. Bangunan tersebut telah banyak difungsikan sebagai tempat pertunjukan bahkan cagar budaya.

Baca Juga : Kenali Berbagai Jenis Gergaji Wajib Kamu Tahu!

Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh lagi ke luar negeri untuk melihat arsitektur Belanda. Karena kamu sudah bisa menemukan banyak bangunan arsitektur Belanda di Indonesia.

Beberapa Bangunan Peninggalan Arsitektur Bangunan Belanda

 

1. Lawang Sewu – Semarang

Lawang sewu terletak di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Bangunan ini dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1904. Bangunan ini dirancang sesuai dengan iklim daerah setempat.

Pada awalnya bangunan ini dibangun digunakan sebagai Het Hoofdkantoor van de Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) atau kantor Pusat Perusahaan Kereta api Swasta.

2. Gereja Katedral – Jakarta

Gereja katedral Jakarta merupakan Gereja Katolik yang diresmikan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1901. Gereja ini memiliki nama resmi yaitu Maria Pelindung Diangkat Ke Surga. Kemegahan Gereja ini dibuat oleh seorang arsitek ulung Belanda yang bernama Marius Hulswit. Gereja katedral berada berdampingan dengan Masjid Istiqlal, kedua bangunan ini memiliki gaya khas bangunan Eropa.

3. Museum Fatahillah – Jakarta

Gedung Museum Fatahillah dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Arsitektur bangunan ini bergaya neo-klasik abad ke-17 yang terdiri dari 3 lantai dengan cat tanah, kusen pintu dan jendela dari kayu jati berwarna hijau tua.

Pada tahun 1952 gedung ini menjadi markas Komando Militer Kota (KMK) I, lalu diubah menjadi KODIM 0503 Jakarta Barat. Tahun 1968, gedung ini diserahkan kepada Pemda DKI Jakarta, lalu diresmikan menjadi Museum Sejarah Jakarta pada tanggal 30 Maret 1974.

Baca Juga : 6 Desain Model Plafon Rumah Kecil Sederhana, Bisa Ditiru!

4. Gereja Blenduk – Semarang

Gereja Blenduk terletak di kawasan Kota Lama Semarang, Gereja Blenduk ini dibangun 1753 oleh masyarakat Belanda dengan bentuk persegi delapan. Gereja ini memiliki nama yaitu Gereja Protestan Indonesia. Gereja ini dinamakan Gereja blenduk karena bentuk kubahnya yang bulat. Kubah Gereja ini bergaya arsitektur baroque yang dilapisi perunggu.

5. Gedung Bank Indonesia – Cirebon

Gedung Bank Indonesia ini terletak di Jalan Yos Sudarso No.5 Cirebon. Gedung ini memiliki keunikan yakni hanya memiliki satu menara saja tidak seperti lazimnya gedung lain yang memiliki dua menara. Gedung ini dibuka pada tanggal 31 Juli 1866. Pada awalnya gedung ini difungsikan sebagai kantor cabang ke-5 dari De Javasche Bank (DJB). 

6.  Gedung Balai Kota Lama – Medan

Gedung Balai Kota Lama ini berlokasi di Medan, dan dalam rentang tahun 1945 hingga 1990 gedung ini digunakan sebagai Balaikota Medan. Gedung ini sangat kental dengan khas bangunan Belanda yaitu gaya arsitektur Eropa. Sekarang bangunan ini telah digunakan oleh hotel Aston yang difungsikan sebagai restoran. 

7. Istana Kepresidenan RI – Cirebon

Yang terakhir ini adalah Istana Kepresidenan Republik Indonesia. Tidak banyak yang tahu bahwa gedung Istana Kepresidenan RI adalah salah satu bangunan peninggalan Belanda. Istana Kepresidenan ini dibangun pada tahun 1744 oleh Jenderal Van Imhoof. Istana Bogor ini merupakan istana Kepresidenan yang paling indah di Indonesia.

Mengintip Arsitektur Bangunan Belanda yang Ada di Indonesia

Itulah 7 bangunan arsitektur bangunan Belanda yang ada di Indonesia dan masih kokoh digunakan. Dengan adanya peninggalan tersebut kita tak perlu jauh-jauh keluar negeri untuk melihat bangunan Belanda. 

Baca Juga : 5 Jenis Genteng Rumah Yang Banyak Digunakan Orang

Untuk mengetahui informasi lainnya kamu bisa baca artikel BBP yang lain. Karena setiap harinya akan ada artikel menarik di sini. Dan untuk kamu yang gak mau ribet belanja keluar rumah, sekarang kamu bisa mencari keperluan rumah kamu disini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp