Renovasi Rumah Gak Harus Mahal, Ini Caranya

Salah satu alasan seseorang menunda renovasi rumah adalah pemikiran biaya renovasi yang mahal. Padahal untuk merenovasi rumah tidak harus mahal. Kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang ada serta mengetahui rincian yang kamu butuhkan untuk renovasi rumah yang lebih murah.

Tidak hanya sekedar murah, kamu tetap harus memastikan bangunan yang di renovasi tetap kokoh. Sayang banget kan sudah renovasi tapi malah rusak lagi yang akhirnya memakan biaya dua kali. Ada beberapa cara agar renovasi rumah murah dan tentunya hemat budget, berikut ini:

1. Membuat To Do List

Membuat list apa yang dibutuhkan untuk renovasi dan apa yang harus dilakukan merupakan hal utama dan terpenting yang tidak boleh dilupakan, mulai dari material bangunan yang digunakan, perkakas, perabotan hingga orang yag mengerjakan.

Hal ini dapat membantu kamu dalam menghemat budget sehingga tidak ada biaya lebih yang dikeluarkan untuk hal yang tidak perlu.

Baca Juga : Inspirasi Lampu Gantung Minimalis Untuk Pencahayaan Ideal

2. Tentukan Anggaran Renovasi

Sebelum berbelanja material bangunan untuk renovasi rumah, ada baiknya menentukan anggaran menyesuaikan dengan budget sehingga ketika berbelanja, patokan harga material bangunan mengikuti anggaran yang sudah dibuat bukan sebaliknya. 

3. Survei Bahan Bangunan 

Setelah menentukan anggaran, kamu perlu meluangkan waktu untuk melakukan survei bahan bangunan di beberapa tempat. Jangan mudah puas atau tergiur dengan harga ditempat pertama ya, karena bisa saja di tempat lain kamu mendapatkan harga yang lebih baik.

Walaupun kelihatannya sedikit repot, tetapi dengan ini akan sangat membantu kamu untuk mendapatkan renovasi rumah yang murah. Selain membandingkan harga, kamu juga perlu melihat kualitasnya, apakah sepadan dengan harga yang ditawarkan atau tidak. 

Bahan bangunan yang murah dan berkualitas baik bisa kamu temukan di BBP Indonesia, selain itu kamu tidak perlu kerepotan untuk datang ke toko, karena BBP Indonesia menyediakan bahan bangunan secara online yang bisa kamu pesan langsung dari rumah dan dianter kerumah. 

Baca Juga : 5 Bentuk Atap Rumah Terbaik Beserta Fungsinya

4. Mencari Jasa Renovasi yang Tepat

Jika kamu tidak ingin kerepotan melakukan renovasi dan berbelanja bahan bangunan sendiri, kamu bisa menggunakan jasa renovasi seperti kontraktor. Kamu cukup duduk manis saja, jasa kontraktor yang akan menyelesaikan renovasi kamu. Tetapi pastikan jasa kontraktor yang kamu gunakan berpengalaman dan jujur, serta kamu harus memastikan kualitas dan harga material bangunan yang digunakan. 

Namun, sebaliknya untuk renovasi rumah yang cukup murah, kamu bisa menggunakan jasa tukang. Hanya saja, material bangunan harus sudah kamu sediakan. 

5. Siapkan Dana Tak Terduga

Kita tidak pernah tau apa yang terjadi kedepannya, maka dari itu dana tak terduga juga harus kamu siapkan. Dana ini disiapkan sebagai dana darurat jika harga pasaran material bangunan sedang naik dan melebihi anggaran kamu. 

Selain itu, dana tak terduga juga bisa kamu gunakan jika menemukan material bangunan yang memiliki kualitas baik dengan harga yang berbeda sedikit dengan harga material bangunan yang memiliki kualitas standar. Jadi, renovasi rumah kamu tidak hanya murah saja, melainkan dengan kualitas yang bagus pula. 

Melakukan renovasi rumah dengan biaya murah yang gak mahal dan hemat budget membutuhkan strategi tertentu agar pengeluaran renovasi tidak membengkak. Dengan cara diatas kamu dapat menghindari pengeluaran untuk membeli bahan bangunan untuk renovasi rumah jadi lebih murah dan memungkinan. 

Bahan bangunan murah belum tentu berkualitas baik. Namun, kamu masih berpeluang untuk mendapatkan bahan bangunan murah dan berkualitas di Batam pada situs belanja online BBP Indonesia dengan cara klik disini. 

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp