Sabun Batang atau Sabun Cair, Lebih Bagus Mana?

Mandi belum dikatakan mandi kalau tanpa sabunan. Sabun merupakan salah satu faktor penting dalam membersihkan tubuh dari kotoran yang menempel dari aktivitas seharian. 

Sabun memiliki dua jenis, yaitu sabun batang dan sabun cair. Walaupun sebenarnya kedua jenis sabun tesebut memiliki fungsi yang cenderung sama, yaitu membersihkan tubuh, tetapi masih saja beberapa dari kita bingung untuk memilih sabun batang atau sabun cair, lebih bagus mana?

Untuk mengurangi rasa kebingungan kamu dalam memilih, tim BBP Indonesia sudah menyiapkan perbedaan dari sabun batang dan sabun cair. Simak yuk!

1. Harga sabun batang lebih terjangkau

Jika kamu mencari sabun dengan harga yang lebih terjangkau, sabun batang dapat jadi pilihan kamu. Harganya yang tergolong murah dapat menjadi penyelamat dikala mepet membutuhkan sabun tetapi tidak memiliki uang lebih. 

Jika dibandingkan, sabun batang tentu lebih hemat ketimbang sabun cair. Sabun cair dikatakan lebih boros karena sabunnya yang mudah dikeluarkan, membuat kita secara tidak sadar menggunakan sabun cair dengan volume yang banyak. 

2. Namun, lebih mudah terkontaminasi bakteri

https://blog.bbpindonesia.com/jus-sayur-banyak-manfaatnya-apa-saja/Alasan mengapa kebanyakan orang tidak memilih sabun batang sebagai sabun utamanya adalah mudahnya terkominasi bakteri apalagi jika digunakan oleh beberapa orang, dikhawatirkan bakteri tersebut berpindah dari sabun ke tubuh. Tentu kebersihannya menjadi diragukan. Maka dari itu peggunaan sabun batang hanya dianjurkan untuk sendiri, tidak digunakan bersama-sama.

Sedangkan penggunaan sabun cair, tidak akan menyebarkan bakteri karena tempatnya yang menggunakan botol dan pengaplikasiannya dituang ke tangan sehingga sabun tidak bersentuhan secara langsung kepada setiap orang yang memakainya. Jadi lebih aman untuk dipakai satu keluarga. 

Baca Juga : Jus Sayur Banyak Manfaatnya, Apa Saja?

3. Sabun cair tidak membuat kulit kering

Tidak seperti sabun batang, sabun cair lebih lembab dan tidak membuat kulit tubuh menjadi kering. Hal ini dikarenakan sabun cair memiliki kandungan pelembab yang tinggi dan pH yang rendah. Sedangkan sabun batang memiliki pH yang lebih tinggi sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Jika kamu mencari sabun yang tidak membuat kulit kering, sabun cair jadi pilihan yang tepat untuk kamu.

4. Tidak ramah lingkungan

Dari kemasan sudah dapat terlihat mana yang tidak ramah lingkungan. Penggunaan botol pada sabun cair biasanya terbuat dari plastik, yang sering kita dengar bahwa plastik akan sulit terurai dan tidak baik untuk lingkungan. Sedangkan sabun batang biasanya dikemas dengan kotak kardus yang lebih mudah terurai dan dapat didaur ulang. 

Setelah membaca penjelasan diatas sudah tidak ada pertimbangan dan keraguan lagi kan, sabun batang dan sabun cair, lebih bagus mana? Baik sabun cair ataupun sabun batang, balik lagi kedua sabun tersebut memiliki fungsi yang keduanya sama. 

Kamu sedang mencari perlengkapan rumah? Kamu dapat menemukannya di situs belanja online BBP Indonesia, tidak hanya lengkap, harganya juga terjangkau dan gak bikin kantong bolong. Caranya langsung klik disini. 

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp