Tips Hidup Hemat Seperti Orang Jepang

Tidak perlu diragukan lagi cara hidupnya orang Jepang, mereka sangat dikenal dengan hidupnya yang hemat. Hemat bukan berarti pelit lho ya. Dahulu, Jepang sempat terkena krisis moneter pada tahun 90’an hingga 2000’an, Namun mereka mampu untuk bertahan dan lepas dari masa krisisnya. 

Hal ini bisa terjadi karena salah satunya cara orang Jepang yang hidup dengan hemat. Kira-kira penasaran gak sih bagaimana caranya hidup hemat seperti orang Jepang? Simak disini yuk!

1. Bawa Bekal dan Botol Minum

Kalau kamu pernah nonton animasi Jepang atau film Jepang, pasti sudah tidak heran lagi kalau orang Jepang itu selalu membawa bekal dan botol minum ketika sekolah ataupun kerja. Membiasakan menerapkan hal yang sama akan membuat kamu jauh lebih hemat, karena makanan yang dibikin sendiri dirumah tentu lebih murah dibandingkan beli di restoran kan?

2. Gaya Hidup Minimalis

Selain menghemat tempat dan barang, gaya hidup minimalis juga akan membuat kamu lebih hemat, karena kamu tidak perlu menguras uang untuk hal yang tidak perlu. Kamu hanya cukup memenuhi kebutuhan yang benar-benar diperlukan dan secukupnya. Tidak berlebihan namun juga tidak kekurangan. 

3. Menggunakan Transportasi Umum

Di Indonesia sudah banyak sekali pilihan fasilitas transportasi umum yang bisa kamu gunakan, seperti busway, KRL, MRT dan lain-lain. Menggunakan transportasi umum, selain harganya lebih murah, kamu juga membantu mengurangi polusi udara loh,

4. Menerapkan Teknik Mengatur Keuangan Kakeibo ala Jepang

Teknik kakeibo merupakan cara yang digunakan orang Jepang untuk mengatur keuangan agar lebih hemat. Teknik ini sudah ada sejak tahun 1904 diciptakan oleh Hani Motoko yang merupakan seorang jurnalis perempuan pertama di Jepang. Tujuan utama dari teknik kakeibo ini adalah memisahkan uang untuk kebutuhan dan mencatat setiap detil pengeluaran.

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu

  • Mencatat hasil pemasukan kamu kemudian dikurangi dengan pengeluaran tetap yang kamu keluarkan seperti biaya listrik, biaya sewa, kebutuhan makan dan lain-lain.
  • Kemudian, tentukan besaran uang yang ingin di tabung dari uang sisa pengeluaran tetap yang sudah dikurangi. 
  • Catat setiap detil pengeluaran dari semua kebutuhan kamu
  • Lakukan evaluasi keuangan setiap akhir bulan apakah sesuai dengan rencana atau tidak.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu tertarik untuk mencoba hidup hemat ala orang Jepang?

Sedang mencari perlengkapan rumah atau bahan bangunan berkualitas murah ? Temukan semua kebutuhan rumah kamu pada situs belanja online BBP Indonesia, dengan cara klik disini.