Walau Pahit, Minum Kopi Ternyata Banyak Manfaatnya!

Kalau biasanya kopi identik dengan bapak-bapak dipagi hari yang baca koran di depan rumah sambil nyeruput kopi, sekarang kopi bahkan digandrungi oleh anak muda yang nongkrong di coffee shop sambil nyeruput kopi. 

Walaupun kopi sekarang sudah banyak jenisnya dan beragam, ternyata masih saja ada yang tidak menyukai minum kopi karena rasanya yang pahit. Padahal pahitnya kopi itu banyak manfaatnya, lho! Apa aja?

1. Meningkatkan performa fisik tubuh

Buat kamu yang suka olahraga seperti melakukan gym, minum secangkir kopi sekitar 30 menit sebelum olahraga, akan meningkatkan peforma fisik, lho! Ini karena kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan adrenalin ke dalam darah sehingga dapat membantu mempersiapkan tubuh untuk aktivitas yang intens. 

2. Menurunkan resiko diabetes tipe 2

Masalah kesehatan diabetes tipe 2 ini menjadi salah satu masalah yang dikhawatirkan oleh jutaan orang di dunia karena adanya peningkatan gula darah. Namun, studi mengatakan bahwa meminum kopi dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe dua sebanyak 23-50% lebih rendah. Setiap cangkir kopi dapat menurunkan sekitar 7% resiko diabetes tipe 2. 

3. Dapat melawan depresi dan membuat bahagia

Sering kali depresi mengancam nyawa seseorang. Jika kamu tidak memiliki seseorang untuk menceritakan masalah kamu, coba lah untuk minum secangkir kopi yang dapat membuatmu lebih tenang. Studi di Harvard mengatakan bahwa minum kopi dapat memiliki resiko 20% lebih rendah untuk terkena depresi dan bahkan studi lain mengatakan memiliki 53% lebih rendah.

4. Meningkatkan energi, bikin mata melek

Sering denger kalau kopi bikin mata melek? yap, benar banget. Mata melek ini tandanya kita punya energi yang cukup. Dengan minum kopi, energi yang ada pada tubuh juga ikut meningkat. Hal ini terjadi karena adanya kandungan kafein pada kopi yang menyerap ke aliran darah dan bergerak ke otak. Gak heran kalau minum kopi langsung jadi bersemangat dan melek.

5. Panjang umur

Tidak cuma saat ulang tahun yang dinyanyikan lagu “Panjang umurnya”, minum kopi ternyata juga membuat kamu panjang umur secara nyata. Berdasarkan penelitian, Orang yang minum kopi memiliki resiko kematian yang lebih rendah sebesar 20% untuk pria dan 26% untuk wanita selama 18-24 tahun.

Banyak banget kan manfaat minum kopi, tapi tetap ingat ya, sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. Jadi, pastikan kamu meminum kopi tidak berlebihan. 

Meneguk secangkir kopi terasa lebih nikmat jika menggunakan cangkir yang pas dan menarik. BBP Indonesia menyediakan cangkir yang cocok untuk meneguk pahitnya kopi terasa lebih manis yang bisa kamu beli secara online pada situs belanja BBP Indonesia serta perlengkapan rumah lainnya dengan cara klik disini.